Hell Yeah Pointer 3

Laporan akhir 3 modul 1 prak mikro




1. Hardware [KEMBALI]

a. Keypad
b. LCD Character



2. Rangkaian Simulasi [KEMBALI]





3. Flowchart [KEMBALI]



4. Listing Program [KEMBALI]

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad

const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; /Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},        //Inisialisasi keypad matriks 4x3
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
  //Set baris dan kolom LCD
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {              //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey();  //Membaca keypad

    if (key) {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.print(key);  //Menampilkan input dari keypad pada LCD
    }
}

5. Analisa [KEMBALI]
1.     1. Kenapa kita hanya menggunakan pin data D4-D7 kenapa tidak d0-d7?
Jawab:
Setiap karakter memiliki ASCII Code dengan besar 8 bit. Dengan menggunakan pin data dari D4
sampai D7 berarti data yang diinput adalah sebesar 4 bit dan dilakukan dengan 2 tahap setelah dua kali
clock. Data dikirim berupa nibble. Hanya digunakan 4 pin karena data yang akan diinput tidak banyak .
 
2.    2.  Saat menggunakan keypad 4x4, apakah terjadi perbedaan pada program? Dimana perbedaannyaa
Jawab :
Ada, pada bagian const byte COLS = 3; diganti menjadi const byte COLS = 4; Selain itu bagian array
juga disesuaikan dengan array keypad 4x4. Pada bagian byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; juga
ditambah satu pin lagi yang terhubung dengan arduino, menjadi 4 pin. 

6. Video [KEMBALI]

Prinsip kerja rangkaian:

pada rangkaian ini digunakan keypad matrix (4x3) sebagai perangkat keras untuk memberikan inputan dan LCD sebagai perangkat kerat untuk menampilkan hasil / output. pin-pin digital pada atduino pada percobaan ini berperan sebagai pin input dan pin-pin analog sebagai pin output.

pin 7 - 10 pada pin digital arduino uno dihubungkan dengan pin baris keypad, dan pin 11 - 13 dihubungkan dengan pin kolom pada keypad.

kemudian pin-pin analog A0 - A5 dihubungkan secara berurutan dengan pin RS, E, D4, D5, D6, D7 dan pin RW dihubungkan ke ground. 

jadi nanti saat tombol pada keypad ditekan, maka akan menghasilkan impuls pulsa yang akan menjadi input. inputan akan diproses oleh arduino uno sesuai dengan program yang sudah di masukkan, kemudian hasil pengolahan data atau output akan ditampilkan melalui layar pada LCD.


7. Link Download [KEMBALI]

HTML                 ==> Download di sini
File rangkaian     ==> Download di sini
Video                  ==> Download di sini
Listing program  ==> Download di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar